Posted by : Unknown Monday, December 24, 2012

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu ^_^

Kali ini mau cerita tentang pengalaman gua bareng sama si tug "precise pangolin" yang udah setia banget nemenin gua selama hampir 1 tahun :D.

Precise pangolin itu nama buat serial ubuntu 12.04 LTS, yap ini adalah distro dari sistem operasi linux.

Kenapa gua pake linux??? pertanyaan yang sering banget keluar dari temen-temen gua. jawabannya simple, awalnya gua cuma mau coba-coba pake linux, meski awalnya susah banget buat beradaptasi, tapi lama-kelamaan jadi lebih nyaman kalo pake linux, ya udah deh lanjutin terus jadi linuxer nya, walaupun sekarang cuma bisa jadi user atau pemakainya doang :D.

Pertama kali gua pake linux itu pas gua lagi PKL sama bang Nobita Chupuy, ngeliatin dia yang linuxnya bagus banget desktopnya terus sistem nya "anti crash" ngebikin gua ngiler buat makenya juga.  Tadinya maunya gua tuh linuxnya bang nobita chupuy ini dipindahin ke laptop gua jadi tinggal gua pake doang yang otak-atikan dia ini. Eh tapi malah gua disuruh ngedownlod sendiri dan otak-atik sendiri, biar lebih seru kalo kata dia mah :D.

Emang sih seru, seru banget malahan, tapi pusingnya buat beradaptasi itu yang bikin gua harus banyak sabar buat bisa make ni linux.

Pertama kali install, ga ada masalah cocok-cocok aja, tapi baru 3 hari ngecrash. Install lagi pake yang yang dibawahnya 12.04, gua install yang 10.10, malah keliatan ga cocok sama laptop gua, ga ada suaranya, wifinya ga nyala, di shutdown ga mati-mati, hah pokonya banyak dah masalah sama 10.10. walaupun satu persatu berhasil diatasi tapi akhirnya ngecrash lagi. Terpaksa deh install ulang lagi. Gua install lagi 12.04nya terus dikotak-katik dikit sama bang nobita chupuy eh sampe sekarang lancarnya :D

Mungkin bagi sebagian orang kalo pake linux tuh susah dan ketinggalan jaman, tapi sebenernya linux tuh lebih mudah dan sama modernya sama sistem operasi lainnya. Dari segi kegunaan juga ga kalah jauh sama sistem operasi lainnya, mau ngetik ada libre office, mau internetan, browsernya sama-sama mozila atau chrome, dengerin musik ada rythmbox, mau edit-edit poto ada GIMP, mau ngoding php, editornya ada geany atau komodo, servernya ada lamp. Pokonya enak deh kalo pake Linux ^_^

hehehe ini cuma sekedar share pengalaman ko, tapi sekedar saran ada baiknya kita make yang open source daripada ngebajak yang closed source ^_^

So akhir kata, terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu ^_^.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

My Blog List

Powered by Blogger.

- Copyright © The Story of Pendekar -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -